Cara Sukses di Job Fair

Cara Sukses di Job Fair

Cara Sukses Job Fair atau Job Expo kerap diadakan sebagai fasilitas untuk menghadapkan perusahaan dengan calon-calon pegawainya.

Ada banyak beberapa perusahaan yang ikut, hingga dengan cuman bertandang ke tempat di mana diadakannya pameran ini, Anda langsung bisa melamar ke banyak beberapa perusahaan.

Tips Cara Sukses di Job Fair

Dengan begitu, bisa mengirit waktu dan ongkos dibanding harus bertandang ke atau mengirimi surat lamaran ke perusahaan satu demi satu.

Bila sekarang ini Anda serang cari pekerjaan, turuti tujuh panduan ini yang akan menolong Anda memperoleh pekerjaan dan tingkatkan tingkatan karier Anda.

Baca Juga: Cara Menjadi Atasan yang Disukai

Memperoleh pekerjaan di jaman ini tidak dapat disebutkan sebagai hal yang gampang. Kompetisi yang makin hari makin ketat, membuat kita memerlukan usaha extra untuk memperoleh pekerjaan. Tetapi, dibalik kesusahan berkompetisi memperoleh pekerjaan ini, sesungguhnya telah makin banyak langkah yang memberi kita keringanan untuk melamar pekerjaan. Bila dulu surat lamaran pekerjaan harus dikirim lewat pos. Ini hari kita dapat memakai e-mail. Disamping itu jumlahnya situs untuk melamar pekerjaan membuat kita makin gampang dalam melamar pekerjaan.

Keringanan yang lain ialah makin bertambahnya acara job fair yang diselenggarakan oleh bermacam pelaksana. Sebagai seorang job seeker, kamu tentu saja telah kenal dengan job fair. Job fair ialah bursa atau pameran di mana perekrut akan cari calon karyawan yang potensial. Kamu akan berpeluang untuk memberikan CV langsung atau bahkan juga jalani sesion walk in interviu. Dapat disebutkan jika peluang memperoleh pekerjaan di job fair akan semakin besar dibanding kamu melamar lewat cara online. Nach, agar kamu sukses melamar pekerjaan di job fair, berikut 9 panduan yang perlu kamu lihat!

Cara Sukses Job Fair Kenali Dahulu Perusahaan Sasaranmu

Panduan pertama untuk sukses melamar kerja di job fair ialah kamu harus ketahui lebih dahulu perusahaan apa yang akan datang dalam job fair itu. Dalam cari pekerjaan tentu saja kita tidak dapat asal-asalan. Harus melamar pekerjaan di perusahaan yang memerlukan kekuatan kita.

Walau benar ada banyak pekerjaan yang biasa dan ingin terima alumnus dari jalur apa saja. Tetapi, sebaiknya kamu masih selective saat menentukan pekerjaan. Melamar pekerjaan yang pas tentu saja akan mempermudah perekrut dalam menyortir dan menolong kamu memperoleh pekerjaan yang sesuai kekuatan dan spirit kamu tentu saja.

Kenali Lowongan Pekerjaan yang Available

Panduan seterusnya tentu saja ialah cari tahu peluang kerja apa yang available di perusahaan sasaranmu yang datang di job fair. Melamar pekerjaan tentu saja memerlukan penyiapan.

Apa lagi bila perushaan itu melangsungkan walk in interviu, kamu tentunya harus mempersiapkan bermacam pertanyaan yang kemungkinan ditanya. Beberapa pertanyaan ini tentu saja bakal ada yang terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Biasanya perusahaan yang datang di acara job fair membukan lowongan lewat cara online jadi kamu dapat ketahui lowongan apa yang diawarkan perekrut. Janganlah lupa untuk memperhatikan kwalifikasi dari tiap lowongan yang kamu lamar. Janganlah sampai kamu melamar pekerjaan yang tidak tepat.

Cara Sukses Job Fair Tetapkan Jalur Paling Efisien

Panduan melamar kerja di job fair setelah itu tentukan jalur yang paling efisien. Dalam sebuah acara job fair, kamu akan berjumpa dengan bermacam stan perusahaan. Kamu kemungkinan hadapi keadaan yang sangat crowded bersama beberapa job seeker yang lain.

Oleh karena itu, tentukan jalur ialah yang penting. Kamu dapat menyaksikan denah yang umumnya telah disiapkan oleh pelaksana di pintu masuk.

Sesudah menyaksikan denah, kamu dapat tentukan posisi stan perusahaan yang akan kamu datangi. Dengan menenukan jalur yang efisien semenjak awalnya, kamu makin lebih mengirit waktu serta lebih konsentrasi untuk melamar pekerjaan yang telah kamu targetkan.

Perlihatkan Ketertarikan Kamu

Panduan ke-4 supaya sukses melamar kerja di job fair dengan memperlihatkan jika kamu semangat. Saat tiba ke job fair, hadirlah dengan semangat dan ketertarikan yang tinggi.

Janganlah lupa selalu untuk tersenyum dan perlihatkan ketertarikan kamu pada perekrut. Saat kamu menanyakan pada perekrut mengenai perusahaan, denagarkan penuturannya secara baik.

Memperlihatkan ketertarikan dan semangatmu akan tinggalkan kesan-kesan baik pada perekrut. Sudah pasti tinggalkan kesan-kesan ialah hal yang penting, apa lagi kamu harus berkompetisi dengan beberapa ratus job seeker yang lain.

Mencari Peluang Berbicara Pada Manager HR

Panduan yang lain untuk sukses melamar kerja di job fair dengan bicara pada HR manager perusahaan. Bila memungkinkannya untuk bicara pada anggota senior atau manager HR saat acara job fair.

Karena itu tidak boleh menyia-nyiakan peluang itu. Tiap anggota team HR tentunya bisa memberi kamu semua info mengenai perusahaan dan apa yang perusahaan mencari.

Sedang manager HR ialah orang yang mempunyai dampak besar. Dengan menununjukkan langsung pada manager HR mengenai kekuatan dirimu yang diperlukan oleh perusahaan, tentu saja kamu makin lebih diakui.

Cara Sukses Job Fair Keduk Potensimu

Panduan sukses ke enam melamar kerja di job fair dengan mengeruk potensimu. Saat sebelum kamu melamar pekerjaan, tentu saja kamu harus ketahui lebih dulu apa kekuatan yang dapat kamu perlihatkan, begitupun saat melamar kerja di job fair.

Kamu harus mempesiapkan perjumpaan singkat mengenai diri kamu dan latar belakangmu. Dalam perjumpaan yang cepat itu, kamu harus dapat membuat perekrut ketarik dengan kekhasan dan kekuatan yang ada pada diri kamu. Latihlah style bicaramu supaya kamu kelihatan lentur dan optimis saat mengenalkan diri.

Rajut Networking

Di dunia profesi, merajut networking ialah hal yang penting. Tiba ke job fair adalah peluang untuk meperluas networking kamu. Yakinkan kamu memperoleh kartu nama dari tiap orang dari perusahaan yang stannya kamu kunjungi di job fair.

Kartu nama ini akan bermanfaat saat kamu perlu mem-follow up info mengenai peluang kerja dari perusahaan itu. Bukan hanya dengan faksi perusahaan, kamu bisa juga merajut networking sama-sama job seeker. Walau sama-sama berkompetisi, tetapi kita tidak tahu bila masa datang dapat sama-sama berganti info yang berguna.

Tidak boleh Lupa Untuk Apply

Yap! Apa lagi arah kita tiba ke job fair jika tidak untuk cari bermacam info dan apply pekerjaan. Kamu dapat mengirim surat lamaran ke manager HR dan menerangkan jika kamu sudah memperoleh bermacam keterangan mengenai perusahaan saat di job fair. Kamu bisa juga menerangkan bahkan juga kamu pahami apa yang perusahaan mencari dan perlukan. Selanjutnya kamu menjelaskan semua kekuatan dirimu yang pantas untuk isi status yang diperlukan itu.

Cara Sukses Job Fair Follow-up

Panduan paling akhir untuk sukses melamar kerja di job fair ialah janganlah lupa follow-up berkaitan pekerjaan yang kamu lamar. Tiap perusahaan memang mempunyai jalur penerimaannya dengan jeli.

Kamu kemungkinan wajib melakukan follow-up lewat telepon bila memang dibutuhkan. Bila perusahaan itu yang janji untuk mengontak kamu lebih dulu, yakinkan kamu tidak melepaskan tiap e-mail, SMS, atau telepon yang tiba kepadamu.

Kadang saat HR tidak berhasil mengontak kamu sekali, karena itu kamu langsung akan kehilangan peluang untuk maju ke step seterusnya.

Banyaknya job seeker yang tiba ke job fair kadang membuat hati menciut dan langsung berpikir jika kita tidak sanggup berkompetisi. Tetapi bukanlah hal itu yang seharuskan kamu pikir.

Tiap orang tiba ke job fair dengan maksudnya masing-masing, begitupun dengan kamu. Jadi kamu tetap harus konsentrasi dengan arahmu. Tak perlu berasa sedih dan kurang percaya diri bila rupanya kamu tidak memperoleh penawaran pekerjaan yang cocok.

Sekurang-kurangnya kamu memperoleh pengalaman dan networking. Masih semangat karena ada banyak peluang melamar kerja di acara job fair yang lain yang dapat kamu kunjungi.